Manajemen Dakwah dalam Film Sang Pencerah (Studi Analisis Isi)

  • Puji Kastrawi Sekolah Tinggi Agama Islam As-Sunnah
Keywords: Manajemen, Manajemen Dakwah, Film Sang Pencerah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis manajemen dakwah yang terkandung dalam film sang pencerah. Urgensi manajemen dakwah yang mampu meningkatkan berbagai aspek kegiatan dakwah seperti keimanan, muamalah, akhlak dan ibadah.  Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptf analisis isi konten. Penelitian ini tergolong penelitian yang mengandalkan data, tidak menggunakan populasi atau sampling sebagai prioritas. Pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dalam pengumpulan data-data yang diperlukan. Analisis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu membahas dengan mendeskripsikan hasil yang diperoleh. Hasil yang didapatkan yaitu: adanya penerapan manajemen dakwah bersama empat unsurnya yang terkandung dalam POAC (planning, organizing, actuating, controlling) dengan ditemukannya sepuluh scane yang terbagi menjadi perencanaan (pada scane 1,3, dan 5), pelaksanaan (pada scane 2, 4, dan 8), organisasi (pada scane 7, 9, dan 10), controlling/evaluasi (pada scane 6). Perencanaan yaitu kegiatan pra dakwah berupa penyiapan materi dakwah dan mental da’i, kemudian pelaksanaan yaitu berupa aksi da’i terjun ke lapangan dakwah secara langsung, kemudian organisasi yaitu kerjasama antar patner dakwah seperti pembagian tugas dan tanggung jawab, untuk mewujudkan tujuan dari kegiatan dakwah, kemudian controlling/evaluasi yaitu pengawasan terhadap terlaksananya tiga point terdahulu serta sebagai bahan evaluasi dari setiap kegiatan dakwah yang telah berlangsung.

Published
2023-12-26
Section
ARTICLES