PELEPASAN PESERTA KULIAH KERJA LAPANGAN (KKL) STAI AS-SUNNAH T.A. 2021-2022

Rabu, 30 Maret 2022 telah dilaksanakan pelepasan peserta Kuliah Kerja Lapangan (KKL) secara resmi oleh Wakil 1 bidang Akademik-STAI As-sunnah, Deli Serdang, Ilham Tumanggor, M.Si. Kegiatan ini direncanakan berlangsung selama 20 hari, terhitung sejak 4 April sampai dengan 24 April 2022. Program ini merupakan kegiatan lapangan wajib bagi mahasiswa/i yang menempuh bagian akhir dari program pendidikan S-1. Seperti yang dikutip dari Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Edisi XIII Tahun 2020-Ristek-BRIN bahwa Program KKN memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pembelajaran di lapangan yang sebelumnya tidak didapatkan di bangku kuliah.

Sehari sebelumnya mahasiswa/i peserta KKL telah diberikan pembekalan tentang teknis kegiatan dan sistematika penulisan jurnal ilmiah sebagai output dari KKL STAI As-sunnah yang disampaikan oleh Ketua Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat(P3M) STAI As-sunnah, Slamet Riyadi, M.A. Dalam kesempatan tersebut disampaikan bahwa, dengan program ini diharapkan mampu mendorong empati dan simpati mahasiswa terhadap permasalahan masyarakat, dan dapat memberikan sumbangan bagi penyelesaian persoalan yang ada di masyarakat. Selain pembekalan teknis, mahasiswa/i juga diberikan arahan dan nasehat secara eksklusif oleh Syekh Ali Shaleh al-Makkiy Hafidzahullah pada malam kamis 30 Maret 2022.

Selain pembekalan untuk mahasiswa/i peserta KKL, P3M STAI As-sunnah juga memberikan pelatihan kepada Dosen Pembimbing Lapangan(DPL) terkait teknis publikasi artikel di jurnal pengabdian masyarakat. Hal ini perlu dilakukan untuk menyamakan visi dan misi terhadap kegiatan yang akan dilaksanakan agar berjalan dengan lancar, terlebih lagi output/luaran yang ditetapkan oleh pemerintah mengenai KKL ini tergolong baru bagi perguruan tinggi swasta di Indonesia, sehingga dibutuhkan penjelasan teknis mengenai hal-hal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.