Seminar Internasional Bahasa Arab

Senin 20 Januari 2014 (Departemen Sastra Arab FIB. USU) mengadakan Seminar Internasional Bahasa Arab. Tema “Peran dan Prospek Bahasa Arab di Dunia Internasional” Pembicara : Prof Dr. Riyad Al Musaimiri (Al Imam Muhammad Bin Saud University, Saud Arabia) Moderator : Hamdan Noor, Lc (Staf Pengajar S. Arab). Ketua Panitia seminar merupakan Ketua Departemen Sastra Arab FIB. USU. Dra. Pujiati, M.Soc.Sc., Ph.D. Beliau mengadakan dalam sambutannya Seminar ini dilkasanakan untuk pelaksanaan MoU antara Sastra Arab FIB USU dengan STAIS AS SUNNAH. Berterima kasih atas kunjungan Prof Dr. Riyad Al Musaimiri. Sekretaris Panitia : Samkan (Mahasiswa Sastra Arab). Acara seminar dibuka oleh Dekan FIB USU yang diwakili dengan Pembantu Dekan I FIB. USU. Dr. M. Husnan Lubis, M.A. Dalam sambutannya beliau mengatakan Bahasa Arab itu adalah bahasa Dunia. Yang diakui sebagai bahasa PBB, dan juga bahasa Agama. Jadi belajar bahasa Arab itu wajib.

Pembicara mengetengahkan bagaimana prospek bahasa Arab di dunia global di awali dengan perkembangan bahasa Arab pada zaman Nabi Ibrahim di Jazirah Saudi Arabiyah dan mengalami perkembangan melampaui wilayah geografinya sejalan dengan berkembang Agama Islam. Bahasa Arab adalah bahasa Ilmiah, bahasa Agama dan bahasa orang Surga. Ketika umat islam beribadah mereka sudah pasti berbahasa Arab, namun pada tahapan selanjutnya masyarakat yang menguasai keilmuan bahasa Arab yang masykawaih seperti sibawaih (ahli linguistic arab). Bukhari Muslim Ibnu Malik. Para Muhaddisin mereka ini bukanlah orang Arab namun benar-benar menjadi ahli bahasa Arab yang ternama. Kesimpulannya belajar bahasa dengan kesungguhan di tambah fasilitas modern sebagai pelengkapnya para mahasiswa atau siapa saja, akan dapat menguasai bahasa ini dengan mudah .

Beberapa pertanyaan diajukan oleh para peserta seminar dan dengan antusias di jawab oleh pemakalah dengan sangat sempurna.
– Pembicaraan mengenai metode belajar bahasa arab dengan gembira tidak merasa sulit
– Bagaimana melanjutkan study ke Negara Arab khususnya di Universitas Imam Ibnu Saud
– Bagaimana tanggapan pemakalah tentang bahasa asing yang ada di Al-Qur’an
– Bagaimana pembelajaran bahasa Arab bagi masyarakat yang sekular
– Pada hakikatnya pemakalah member motivasi kepada para peserta untuk lebih tekun mempelajari bahasa Arab dari waktu ke waktu.

Seminar ini dihadiri oleh Ketua Jurusan di FIB USU, Staf Pengajar FIB USU, Para Undangan dan Mahasiswa. (Dr. Rahimah, M.Ag)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *