Program Studi Pendidikan Bahasa Arab

A. Visi, Misi dan Tujuan

A. Visi
Menjadi pusat pendidikan bahasa Arab dan studi Islam yang unggul di lingkup Indonesia pada tahun 2020.

B. Misi
1) Melahirkan sarjana muslim yang ahli di bidang pendidikan dan pembelajaran bahasa arab, serta studi Islam secara profesional, kompetitif dan unggul di Indonesia.
2) Melaksanakan dan memajukan penelitian dan pengembangan di bidang pendidikan dan pembelajaran bahasa  Arab dan studi Islam.
3) Mewujudkan peran serta program studi dalam pendidikan dan pembelajaran bahasa Arab bagi masyarakat.
4) Membangun dan meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi terutama di bidang pendidikan dan pembelajaran bahasa  Arab dan studi Islam.
5) Menyediakan sarana dan prasarana penunjang dalam bidang pendidikan dan pembelajaran bahasa  Arab dan studi Islam.

C. Tujuan
1) Lahirnya sarjana muslim yang ahli di bidang pendidikan, pembelajaran bahasa  Arab dan studi Islam.
2) Terlaksana dan tercapainya kemajuan dalam bidang penelitian dan pengembangan di bidang pendidikan bahasa arab dan studi Islam.
3) Terwujudnya peran serta program studi pendidikan bahasa Arab dalam pendidikan dan pembelajaran bahasa Arab bagi masyarakat.
4)Terjalinnya kerjasama dengan berbagai pihak dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi terutama di bidang bahasa arab dan studi Islam.
5)Tersedianya sarana dan prasarana penunjang dalam bidang pendidikan bahasa arab dan studi Islam.

D. Sasaran dan Strategi Pencapaiannya
Dalam mencapai visi, misi dan tujuan tersebut ditetapkan serangkaian sasaran sebagai panduan yang meliputi:

1) Sistem pendidikan dan pembelajaran bahasa arab yang bermutu, dengan strategi pencapian sebagai berikut:
a. Selektif dalam penerimaan mahasiswa baru.
b. Meningkatkan kualitas SDM tenaga pendidik dan kependidikan secara berkelanjutan.
c. Menggunakan bahasa arab sebagai bahasa pengantar dalam kegiatan belajar mengajar setelah mahasiswa duduk di tahun kedua.
d. Mewajibkan seluruh tenaga penididik dan mahasiswa untuk berbahasa arab di luar jam belajar.

2) Peran serta program studi terhadap penyebaran bahasa Arab pada masyarakat dan penyampaian ajaran Islam.
a. Mengadakan kursus-kursus bahasa Arab.
b. Mengutus lulusan program studi bahasa Arab ke berbagai institusi pendidikan sebagai guru bahasa Arab.

3) Terlaksananya Tri Dharma Perguruan Tinggi terutama di bidang bahasa Arab dan studi Islam dengan strategi pencapian sebagai berikut:
a. Melakukan kunjungan dan kerjasama dengan Prodi bahasa Arab di perguruan tinggi lain.
b. Memfasilitasi tenaga pendidik dan mahasiswa dalam melakukan penelitian di bidang penididikan bahasa Arab.
c. Mengadakan pelatihan-pelatihan pembekalan dan penunjang bagi guru bahasa Arab baik untuk tenaga pendidik STAI As-Sunnah maupun guru-guru dari lembaga lain.
d. Mendatangkan native speaker bahasa Arab.

4) Program studi bahasa Arab memiliki sarana dan prasarana yang lengkap, dengan strategi pencapaian sebagai berikut:
a. Mengadakan laboraturium bahasa arab.
b. Menyediakan perpustakaan yang berliteratur bahasa arab.

B. Standar Kompetensi Lulusan Prodi PBA

1. Aspek Pengetahuan :
a. Memiliki pengetahuan tentang konsep dan teori-teori kependidikan.
b. Memiliki pengetahuan tentang konsep dan metodologi pembelajaran Bahasa Arab.

2. Aspek Sikap :
a. Memiliki komitmen yang tinggi dalam kependidikan bahasa Arab.
b. Memiliki komitmen dan motivasi yang tinggi untuk mendidik dan memajukan pendidikan.
c. Memiliki sikap dan kepribadian guru dan pendidik.

3. Aspek Keterampilan :
a. Terampil melaksanakan pembelajaran Bahasa Arab secara profesional dan bermutu.
b. Terampil melakukan penelitian di bidang pembelajaran bahasa Arab secara profesional dan bermutu.
c. Terampil mengintegrasikan bahasa Arab dengan disiplin ilmu lain.
d. Mampu memanfaatkan teknologi untuk pengembangan pendidikan dan pembelajaran bahasa Arab.

4. Kompetensi Pendukung Prodi PBA :
a. Mengetahui teori-teori dasar tentang manajemen dan keorganisasian.
b. Memiliki komitmen yang tinggi untuk membudayakan bahasa Arab.
c. Mampu menyelenggarakan dan mengelola pelatihan bahasa Arab.
d. Memiliki keterampilan mentransformasikan ajaran Islam secara Ilmiah dan bertanggungjawab.
e. Memiliki kemampuan untuk memanfaatkan teknologi.
f. Memiliki sikap mandiri dan mental wirausaha.

C. Bidang Keahlian

Kelompok Bidang Keahlian Dosen pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab adalah:
1. Bidang Al-Ashwat wal Mufradat ,
2. Bidang Maharatul Istima’,
3. Bidang Maharatul Kalam,
4. Bidang Maharatul Qira’ah ,
5. Bidang Maharatul Kitabah,
6. Bidang Tarakib Nahwiyah,
7. Bidang Tafsir,
8. Bidang Sirah Nabawiyah,
9. Bidang Nahu,
10. Bidang Sharaf,
11. Bidang Hadits Ahkam,
12. Bidang Ulumu Al-Qur’an,
13. Bidang Ulumu Al-Hadis,
14. Bidang Sastra Arab,
15. Bidang Faraidh,
16. Bidang Ushul Fikih,
17. Bidang Balaghah,
18. Bidang Metode Terjemah,

D. Kurikulum

Kurikulum program studi Pendidikan Bahasa Arab adalah kurikum Berbasis Kompetensi yang terdiri dari kelompok mata kuliah sebagai berikut:

MPK

Matakuliah Pengembangan Kepribadian
Kelompok bahan kajian dan pelajaran untuk mengembangkan manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa terhadap Allah Yang Maha Esa dan berbudi luhur, berkepribadian matang, dan mandiri serta mempunyai tanggung jawab dan kebangsaan.
KOMPOSISI MPK

Kode MTK Mata Kuliah Sks
STA1101 Tauhid I 2
STA1119 Pancasila & Kewiraan 2
STA1121 Bahasa Indonesia 2
STA1202 Tauhid II 2
STA1303 Tauhid III 2
STA1404 Tauhid IV 2
STA1420 IAD, IBD, ISD 2
STA1422 Bahasa Inggris I 2
STA1505 Tauhid V 2
STA1523 Bahasa Inggris II 2
Jumlah Sks = 20

MKK

Matakuliah Keilmuan dan Keterampilan
Kelompok bahan kajian dan pelajaran yang ditujukan terutama untuk memberikan landasan penguasaan ilmu dan keterampilan tertentu.
KOMPOSISI MKK

Kode MK Mata Kuliah Sks
PBA2101 Al-Ashwat wal Mufradat 6
PBA2102 Maharatul Istima’ I 2
PBA2104 Maharatul Kalam I 4
PBA2106 Maharatul Qira’ah I 2
PBA2108 Maharatul Kitabah I 2
PBA2110 Tarakib Nahwiyah I 2
PBA2203 Maharatul Istima’ II 4
PBA2205 Maharatul Kalam II 4
PBA2207 Maharatul Qira’ah II 6
PBA2209 Maharatul Kitabah II 4
PBA2211 Tarakib Nahwiyah II 4
STA2309 Tafsir 4
STA2313 Ushul At-Tafsir 2
STA2316 Sirah Nabawiyah 2
PBA2312 Nahu I 2
PBA2316 Sharaf 2
PBA2324 TI & Komputer 2
STA2410 Hadits Ahkam 2
STA2412 Ulumu Al-Qur’an 2
STA2414 Ulumu Al-Hadis 2
STA2417 SPI 3
PBA2413 Nahu II 3
PBA2419 Sastra Arab 2
STA2508 Faraidh 4
STA2511 Ushul Fikih 4
PBA2514 Nahu III 3
PBA2615 Nahu IV 4
PBA2617 Balaghah I 2
PBA2620 Metode Terjemah 2
STA2715 Pemikiran Islam 2
PBA2718 Balaghah II 2
PBA2729 Leadership 2
Jumlah Sks = 93

MKB

Matakuliah Keahlian Berkarya
Kelompok bahan kajian dan pelajaran yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berdasarkan dasar ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
KOMPOSISI MKB

Kode MK Mata Kuliah Sks
STA3306 Fikih I 2
PBA3330 Metopel B.A 3
STA3407 Fikih II 2
PBA3425 Psikologi Pendidikan 2
PBA3521 Dasar-dasar Pendidikan Islam 2
PBA3522 Ilmu & Perbandingan Pendidikan 4
PBA3527 Kompetensi Guru & Etika Profesi 2
PBA3623 P2 & Evaluasi Pendidikan 4
PBA3628 Microteaching 4
PBA 3631 Statistik 2
PBA3724 Pengembangan Kurikulum PBA 2
PBA3726 Supervisi Pendidikan 2
PBA3834 Skripsi 6
Jumlah Sks = 35

MPB

Matakuliah Perilaku Berkarya
Kelompok bahan kajian dan pelajaran yang bertujuan untuk membentuk sikap dan perilaku yang diperlukan seseorang dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan dasar ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
KOMPOSISI MPB

Kode MK Mata Kuliah Sks
PBA4729 Leadership 2
Jumlah Sks = 2

MBB

Matakuliah Berkehidupan Bermasyarakat
Kelompok bahan kajian dan pelajaran yang diperlukan seseorang untuk dapat memahami kehidupan bermasyarakat sesuai pilihan keahlian dalam berkarya.
KOMPOSISI MBB

Kode MK Mata Kuliah Sks
STA4318 Akhlak 2
PBA5632 PKL 4
PBA5833 KKN 4
Jumlah Sks = 10

 

F. Peta Kurikulum

Distribusi Matakuliah Secara Umum Program Studi Pendidikan Bahasa Arab

F. Dukungan untuk Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran

a. Bimbingan kepada mahasiswa baru, bimbingan akademik pengisian KRS, bimbingan praktikum, bimbingan kerja praktek dan bimbingan penulisan skripsi.
b. Pelaksanaan tutorial dan asistensi matakuliah.
c. Melakukan jaringan kerjasama dengan Lembaga-Lembaga Pendidikan dan Instansi pemerintah.
d. Tersedianya perpustakaan/Ruang bimbingan, laboratorium bahasa dan Lab. Komputer.

G. Kriteria Pendaftaran

Lulusan SMA/MA/SMK dan lulus seleksi Ujian Masuk (Lihat Buku Panduan ).

12 November 2017 0

Re Akreditasi Prodi Komunikasi...

28 Oktober 2017 1

STAI As-Sunnah Juara Umum Ke-4...

28 Oktober 2017 0

PENYULUHAN KONTRA RADIKAL DAN ...

5 Oktober 2017 0

KETUA STAI AS-SUNNAH MENGHADIR...

15 Maret 2017 67

PENERIMAAN MAHASISWA/I BARU T....

24 April 2016 24

Hasil Interview Peneriman Maha...

16 Agustus 2015 5

PENDAFTARAN (REGISTRASI) ULANG...

2 Agustus 2016 4

PENDAFTARAN (REGISTRASI) ULANG...

admin

waalaikumussalam, mungkin kami perlu tau juga lokasi nya dimana, kalau misalnya lokasinya dekat dengan DAI yayasan Ar-Risalah Maka akan dibimbing dulu oleh Dai disana, Karena STAI As-Sunnah Punya target tertentu semisal dalam hal membaca Alquran dsb.

earn writing

Hi! I know this is somewhat off topic but I was wondering if you knew where I could locate a captcha plugin for my comment form? I'm using the same blog platform as yours and I'm having difficulty finding one? Thanks a lot!

Mardia ulfa hsb

Assalamu'alaikum, kalau untuk tahun 2018 itu kapan lagi ya di buka pendaftarannya.. Syukron

ariyfah

aslmkm ustdz, bagaimana jika yg mendaftar seorang muallaf yg blm ada pengetahuan agama islam. bisa kah?

band

GooԀ post. I learn something new and challenging on websites I stumbⅼeupon everyday. It's alԝays helpful to read сontent from other authors and use a little something from their sites.

15 Maret 2017 67

PENERIMAAN MAHASISWA/I BARU T....

24 April 2016 24

Hasil Interview Peneriman Maha...

16 Agustus 2015 5

PENDAFTARAN (REGISTRASI) ULANG...

2 Agustus 2016 4

PENDAFTARAN (REGISTRASI) ULANG...

Lihat Berita Terkait

25
يناير 2015
Re Akreditasi Prodi Komunikasi...
25
يناير 2015
STAI As-Sunnah Juara Umum Ke-4...