Yayasan Ar-Risalah Alkhairiyah

Yayasan Ar-Risalah Alkhairiyah adalah yayasan yang menaungi Sekolah Tinggi Agama Islam As-sunnah. Namun sebagai yayasan social yang telah banyak melakukan kegiatan social dan keagamaan, sesungguhnya Yayasan Ar-Risalah Alkhairiyah banyak mempunyai kegiatan-kegiatan social dakwah lainnya. Berikut sekilas tentang Yayasan Ar-Risalah Alkhairiyah :

Alamat Kantor Yayasan.
Yayasan Ar Risalah Alkhairiyah beralamat di Jalan Medan-Tg. Morawa KM. 13 Desa Bangun Sari Gg. Darmo Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara Indonesia.

Legalitas Yayasan.
Yayasan Ar Risalah Alkhairiyah telah terdaftar sebagai Yayasan Dakwah dengan Akte Notaris H.M. Afdal Gazali, SH (Notaris Jakarta) dengan Nomor akta : 49 tanggal 25 Nopember 2008. Dan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor : AHU-4823.AH.01.02.Tahun 2008.

Visi Yayasan Ar Risalah Alkhairiyah :
Menjadi Yayasan Dakwah dan Sosial Terdepan di Sumatera Utara Dengan Keunggulan Program-Programnya, baik Di Lini Pendidikan, Kebudayaan, Publistik, dan Pengembangan Skill.

Misi Yayasan Ar Risalah Alkhairyah :
Menyebarkan Ajaran-Ajaran Islam Di Bawah Pancaran Al-Qur’an Dan As-Sunnah Berdasarkan Pemahaman Salafus Shalih, Melalui Serangkaian Program Yang Berkeunggulan Dalam Bidang Pendidikan, Kebudayaan, Publistik yang Terencana, Profesional Serta Mengoptimalkan Pemanfaatan Teknologi dan Pelatihan.

Kegiatan Yayasan.
1. PROGRAM PENGIRIMAN DA’I DAN DA’IYAH.
Salah satu kegiatan Yayasan Ar Risalah Alkhairiyah adalah pengiriman Da’I dan Da’iyah ke daerah-daerah yang minim penerangan agama; lebih khusus ke daerah yang marak misi kristenisasi di dalamnya. Dan hingga saat ini Yayasan telah mengirimkan beberapa orang da’I ke berbagai daerah di Sumatera Utara, diantaranya adalah ke Desa Sukanalu Kabupaten Karo, Desa Kutambelin Kabupaten Karo, Desa Bandar Meriah Kabupaten Deli Serdang, Desa Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai, Ponpes Al-Abror Tapanuli Selatan Sumatera Utara.
Dan sesuai dengan planning dan perencanaan ke depan, Yayasan akan mengirimkan da’inya ke berbagai daerah di seluruh Kabupaten dan Kota Propinsi Sumatera Utara.

2. SAFARI DAKWAH LAPANGAN.
Di samping mengirimkan da’i dan Da’iyah ke berbagai daerah di Sumatera Utara, Yayasan juga mengirimkan Qafilah dakwah yang bekerjasama dengan STAI As-Sunnah.
Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 musim dalam setahun; yaitu pada Bulan Ramadhan, kemudian Bulan Dzulhijjah (Hari Raya Idul Adha), dan yang terakhir pada masa liburan Shaifiyyah (Liburan Akhir Tahun).

3. DAUROH SYAR’IYYAH DAN PESANTREN KILAT.
Salah satu metode yang dipakai oleh Yayasan dalam berdakwah di Madrasah-Madrasah dan Sekolah adalah mengadakan sebuah kegiatan Dauroh Syar’iyyah dan Pesantren Kilat.
Kegiatan ini dilakukan atas kerjasama Yayasan Ar Risalah Alkhairiyah dengan pihak sekolah yang akan diadakan kegiatan.

4. CERAMAH AGAMA DAN KHUTBAH JUM’AT.
Sebagaimana lazimnya bahwa Yayasan Ar Risalah Alkhairiyah yang bergerak dalam bidang dakwah, maka salah satu dari kegiatannya adalah menyampaikan ceramah-ceramah agama yang dikemas dalam Ta’lim rutin; baik Ta’lim rutin mingguan, bulanan atau dwi mingguan dan juga khutbah Jum’at di Masjid-Masjid sekitar Yayasan.

5. BUKA PUASA BERSAMA.
Dan diantara kegiatan rutin Yayasan yang lain adalah mengadakan acara Buka Puasa Bersama masyarakat. Acara ini diselenggarakan atas kerjasama Yayasan dengan beberapa Pengurus Masjid yang didonasi oleh para Muhsinin yang menginfakkan hartanya fi sabilillah.

6. DISTRIBUSI KURMA.
Kegiatan Yayasan yang lainnya adalah pembagian kurma. Kegiatan ini kerap dilaksanakan setiap tahunnya oleh Yayasan sebagai perpanjangan tangan dari para mutabarri’in yang menghadiahkan kurma untuk dibagi-bagi kepada masyarakat pada Bulan Ramadhan.
Selain bertujuan untuk melaksanakan sunnah Rasulullah yaitu berbuka puasa dengan kurma, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat hubungan ukhuwah antara Yayasan Ar Risalah Alkhairiyah dengan masyarakat dan Instansi-Instansi yang dibagikan kurma kepada mereka.

7. DISTRIBUSI HEWAN QURBAN.
Distribusi hewan qurban juga termasuk salah satu kegiatan Yayasan. Hal ini dilaksanakan pada saat Penyembelihan hewan Qurban yaitu pada Hari Raya Idul Adha setiap tahunnya.
Hewan-hewan qurban tersebut didistribusikan kepada masyarakat di Daerah-daerah yang membutuhkan dan diprioritaskan ke daerah yang tidak ada penyembelihan hewan qurban.

8. PEMBAGIAN BULETIN DAKWAH.
Selain berdakwah billisan, Yayasan juga berdakwah lewat tulisan melalui pembagian bulletin dakwah yang dibagikan setiap dua minggu sekali.
Bulletin ini dibagikan ke Masjid-Masjid sekitar Kota Medan dan daerah-daerah lainnya seperti : Pangkalan Susu Kabupaten Langkat Stabat, Rantau Prapat, Padang Sumatera Barat dan tempat-tempat lain.

9. PEMBAGIAN BUKU-BUKU ISLAMI.
Demi mencerdaskan masyarakat, maka Yayasan mengadakan sebuah kegiatan, yaitu pembagian buku-buku Islami kepada masyarakat.
Hal ini bertujuan untuk menyampaikan kepada masyarakat tentang agama melalui sebuah media yaitu buku.

10. RADIO SALAM FM.
Yayasan Ar Risalah Alkhairiyah juga memiliki sebuah stasiun pemancar Radio yang bernama RADIO SALAM FM di frekwensi 107,8 FM.
Radio salam ini adalah Radio Dakwah dan Pendidikan yang menyiarkan ceramah-ceramah agama, murottal Al-Qur’an oleh para Qori’ dunia.

11. PROGRAM BANTUAN AIR BERSIH
Program bantuan air bersih adalah program penggalian sumur yang diadakan didaerah kaum muslimin yang sangat membutuhkan air bersih tersebut, Yayasan Ar-Risalah Alkhairiyah adalah sebagai wasilah/ perantara menyambung tangan muhsisinin/ donatur-donatur yang menginfaqkan harta mereka lewat pembangunan sumur bor ini.

12. PROGRAM BANTUAN PEMBANGUNAN MESJID
Yayasan Ar-Risalah Alkhairiyah juga melakukan pembangunan mesjid di daerah-daerah yang membutuhkan, baik karena itu daerah minus ataupun karena rentan terhadap kemiskinan. Pembangunan mesjid dilakukan dari nol samapi dengan selesai atau pemugaran total, jadi bukan bantuan renovasi. Bantuan pembangunan mesjid akan dilakukan setelah terjadi kesepakatan dan terpenuhinya syarat-syarat yang ditetapkan oleh pihak Yayasan Ar-Risalah Alkhairiyah.

12 November 2017 0

Re Akreditasi Prodi Komunikasi...

28 Oktober 2017 1

STAI As-Sunnah Juara Umum Ke-4...

28 Oktober 2017 0

PENYULUHAN KONTRA RADIKAL DAN ...

5 Oktober 2017 0

KETUA STAI AS-SUNNAH MENGHADIR...

15 Maret 2017 67

PENERIMAAN MAHASISWA/I BARU T....

24 April 2016 24

Hasil Interview Peneriman Maha...

16 Agustus 2015 5

PENDAFTARAN (REGISTRASI) ULANG...

2 Agustus 2016 4

PENDAFTARAN (REGISTRASI) ULANG...

admin

waalaikumussalam, mungkin kami perlu tau juga lokasi nya dimana, kalau misalnya lokasinya dekat dengan DAI yayasan Ar-Risalah Maka akan dibimbing dulu oleh Dai disana, Karena STAI As-Sunnah Punya target tertentu semisal dalam hal membaca Alquran dsb.

earn writing

Hi! I know this is somewhat off topic but I was wondering if you knew where I could locate a captcha plugin for my comment form? I'm using the same blog platform as yours and I'm having difficulty finding one? Thanks a lot!

Mardia ulfa hsb

Assalamu'alaikum, kalau untuk tahun 2018 itu kapan lagi ya di buka pendaftarannya.. Syukron

ariyfah

aslmkm ustdz, bagaimana jika yg mendaftar seorang muallaf yg blm ada pengetahuan agama islam. bisa kah?

band

GooԀ post. I learn something new and challenging on websites I stumbⅼeupon everyday. It's alԝays helpful to read сontent from other authors and use a little something from their sites.

15 Maret 2017 67

PENERIMAAN MAHASISWA/I BARU T....

24 April 2016 24

Hasil Interview Peneriman Maha...

16 Agustus 2015 5

PENDAFTARAN (REGISTRASI) ULANG...

2 Agustus 2016 4

PENDAFTARAN (REGISTRASI) ULANG...

Lihat Berita Terkait

25
يناير 2015
Re Akreditasi Prodi Komunikasi...
25
يناير 2015
STAI As-Sunnah Juara Umum Ke-4...