“Seminar Pembelajaran Bahasa Arab” Bersama DR. Abdul Ahad (Pengurus Harian di Program Al Wafi)

23
November 2017

 

Dr. Abdul Ahad memberikan seminar kepada Dosen STAI As-Sunnah Deli Serdang di ruang Workshop, gedung yayasan Ar-Risalah. Adapun tema yang diangkat adalah “BAGAIMANA MENGAJARKAN BAHASA ARAB KEPADA YANG BUKAN PENUTUR ASLINYA”. (Selasa, 21/11/17)

Di awal acara DR. Abdul Ahad yang merupakan pengurus harian di Program Al-Wafi, sebuah program belajar bahasa arab dan ilmu keislaman secara online. menyinggung tentang perlunya berbahasa arab, terlebih bagi  guru agama ”seorang guru agama yang bisa berbahasa arab tentunya akan lebih baik daripada guru agama yang tidak bisa berbahasa arab” tutur beliau. kemudian beliau mengutip perkataan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah, “Bahasa arab itu termasuk bagian dari agama, sedangkan mempelajarinya adalah wajib, karena memahami Al-Quran dan As-Sunnah itu wajib. Tidaklah seseorang bisa memahami keduanya kecuali dengan bahasa arab. Dan tidaklah kewajiban itu sempurna kecuali dengannya (mempalajari bahasa arab), maka ia (mempelajari bahasa arab) menjadi wajib. Mempelajari bahasa arab, diantaranya ada yang fardhu ‘ain, dan adakalanya fardhu kifayah.” (Iqtidho, Ibnu Taimiyah 1/527)

Dr. Abdul Ahad mengajak para dosen untuk menyebutkan hal-hal yang bisa mendukung pembelajaran bahasa arab. Diantaranya adalah: lingkungan, guru yang betul-betul memiliki visi yang tinggi dalam mengajarkannya, dan metode yang digunakan harus sesuai dengan yang dibutuhkan oleh peserta didik itu sendiri, dll.

Di sesi kedua, beliau kembali mengajak para dosen untuk mengutarakan hal-hal yang menjadi penghalang dalam pembelajaran bahasa arab. salah satu poin penting yang beliau sebutkan  adalah metode yang digunakan dalam pembelajaran tersebut lebih mengarah kepada kaedah nahwu yang membuat sebagian orang merasa bahwa belajar bahasa arab itu sulit, sehingga membuat mereka menjauhi bahasa arab. poin lainnya adalah tidak mendidik anak sejak dini, dll.

Diakhir seminar beliau mengajak pada dosen untuk mendidik anak-anak yang masih kecil dalam berbahasa arab. Karena itu akan mempermudah si anak dalam memahami bahasa arab ketika dia tumbuh besar nantinya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

30 November 2017 0

Re Akreditasi Program Studi Pe...

30 November 2017 0

Kunjungan Mudir Ma’hadul ‘Ulum...

23 November 2017 0

“Seminar Pembelajaran Ba...

12 November 2017 0

Re Akreditasi Prodi Komunikasi...

15 Maret 2017 67

PENERIMAAN MAHASISWA/I BARU T....

24 April 2016 24

Hasil Interview Peneriman Maha...

16 Agustus 2015 5

PENDAFTARAN (REGISTRASI) ULANG...

2 Agustus 2016 4

PENDAFTARAN (REGISTRASI) ULANG...

Michael

Kudos. I appreciate it! https://bucketlist.org/idea/6LiG/ideas-to-assist-properly-deal-with-nervousness/

Michael

Factor well used!. https://bucketlist.org/idea/6LiG/ideas-to-assist-properly-deal-with-nervousness/

admin

waalaikumussalam, mungkin kami perlu tau juga lokasi nya dimana, kalau misalnya lokasinya dekat dengan DAI yayasan Ar-Risalah Maka akan dibimbing dulu oleh Dai disana, Karena STAI As-Sunnah Punya target tertentu semisal dalam hal membaca Alquran dsb.

Mardia ulfa hsb

Assalamu'alaikum, kalau untuk tahun 2018 itu kapan lagi ya di buka pendaftarannya.. Syukron

ariyfah

aslmkm ustdz, bagaimana jika yg mendaftar seorang muallaf yg blm ada pengetahuan agama islam. bisa kah?

15 Maret 2017 67

PENERIMAAN MAHASISWA/I BARU T....

24 April 2016 24

Hasil Interview Peneriman Maha...

16 Agustus 2015 5

PENDAFTARAN (REGISTRASI) ULANG...

2 Agustus 2016 4

PENDAFTARAN (REGISTRASI) ULANG...

Lihat Berita Terkait

25
يناير 2015
Re Akreditasi Program Studi Pe...
25
يناير 2015
Kunjungan Mudir Ma’hadul ‘Ulum...